Senin, 05 Juni 2017

Keindahan Bukit Moko - Bandung


Bukit ini sudah lebih dikenal sebelumnya dibanding bukit Keraton, namun pamornya menyeruak setelah nama Bukit Keraton disebut sebagi bukit Instagram. Karena kemiripan lokasi mungkin Moko "menikmati" imbas dari Bukit Keraton yang mendadak tenar itu.

Kami mengunjungi bukit Moko saat menjelang malam. Keputusan yang salah memang. Pemandangan yang bisa kami abadikan hanya kerlip lampu kota Bandung yang bisa terlihat dari ketinggian Bukit Moko di 1500 mdpl. Memang indah, tapi jika kita bisa datang lebih awal, kita juga bisa mengabadikan barisan gunung yang melingkari Bandung ataupun menanti senja terbenam di balik Gunung.


Mengambil rute dari Jalan Padasuka (saung Mang Udjo) lurus sampai ketemu dengan Caringin Tilu. Jalurnya, semakin ke atas semakin menanjak sampai bertemu dengan belok arah kiri yang menanjak dengan penunjuk Warung Daweung. Untuk jalannya masih relatif aman dan rapi, hanya ada beberapa bagian saja yang agak rusak. Untuk kendaraan bermotor, disediakan lahan parkir di bagian bawah atau jika yakin, bisa langsung memarkirkan kendaraannya di halaman Warung Daweung. 

Daweung yang artinya bengong ini memang disesuaikan dengan kondisi yang bisa membuat kita termenung memandangi alam dari atas bukit sambil menikmati makanan dari warung ini. Pengalaman saya saat memesan makanan di Warung Daweung saat weekend "janganlah berharap terlalu banyak" hampir 1 jam kami di atas bukit, makanan tidak kunjung datang sampai akhirnya kami pulang pun tidak ada yang memanggil kami. Dimaklumi karena saat itu kondisi Bukit Moko memang super ramai.


Sedikit saran dari saya, cobalah datang lebih awal untuk bisa mengabadikan pemandangan saat masih terang, saat matahari terbenam dan saat kota Bandung berkelap-kelip di malam hari. Untuk yang kurang kuat menahan dingin sebaiknya persiapkan jaket karena angin di Bukit Moko cukup kencang dan dingin. Saat saya kesana, agak sedikit salah kostum dengan celana pendek dan kaos tipis. Cukuplah membuat saya mem"buang angin" sepanjang perjalanan balik ke kota Bandung :p. Jika memungkinkan hindari weekend saat ke Bukit Moko karena dapat dipastikan kondisinya sangat ramai. Terakhir pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik, cukup bahan bakar, karena tidak ada pom bensin selama perjalanan menuju Bukit Moko. Hati-hati juga dengan beberapa ruas jalan yang tidak memiliki pembatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar